Penyelesaiian kasus game

Algoritma dalam permainan menyebrang.

Domba, srigala, sayuran, dan petani.




1.1. Permasalah
Seorang petani harus menyebrangkan domba, srigala, dan sayuran dengan perahu  ke sebelah kiri sungai

1.2 Aturan permainan
A. Perahu tidak boleh di isi oleh 3 muatan. Perahu hanya boleh mengangkut 2 muatan saja termasuk dengan petaninya.
B. Domba tidak boleh di tinggalkan dengan serigala karena jika domba ditinggalkan dengan srigala maka domba akan di makan srigala
C. domba juga tidak boleh di tinggalkan dengan sayuran karena jika di tinggalkan dengan sayuran domba akan makan sayuran. Jika srigala di tinggalkan dengan sayuran tidak apa-apa.

1.3 Kondisi awal
A.  Domba, srigala, dan sayuran berada di kanan.

1.4 Bagaimana algoritma untuk menyelesaikan permasalahan di atas agar domba, srigala, sayuran bisa di pindahkan semua ?

Cara menyelesaikannya :

1. Sebrangkan domba
2. Setelah disebrangkan keluarkan dombannya, lalu nyebrang lagi
3. Sebrangkan sayuran
4.Setelah di sebrang, keluarkan sayuran lalu masukkan dombannya lalu nyebrang lagi
5. Keluarkan dombanya, masukkan srigala, lalu nyebrang lagi
6. Keluarkan srigala, nyebrang lagi
7. Masukkan dombannya, nyebrang lagi lalu keluarkan.
8. Selesai akhirnya domba, srigala, dan sayuran berhasil di sebrangkan dengan selamat.

ftik.ubpkarawang.ac.id

Komentar

Postingan Populer